Capaian Pembelajaran

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep pedagogik – didaktik sejarah untuk melaksanakan pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup
  2. Menguasai konsep-konsep sejarah yang diperlukan pada  pendidikan dasar dan menengah serta yang diperlukan untuk studi lanjut
  3. Menguasai strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik-teknik pembelajaran  inovatif yang mendukung pembelajaran di sekolah
  4. Menguasai konsep-konsep media dan sumber belajar yang mendukung pembelajaran sejarah di sekolah
  5. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan khususnya evaluasi pembelajaran sejarah
  6. Menguasai fungsi dan manfaat teknologi terutama yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan dengan pembelajaran sejarah
  7. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian dalam pembelajaran sejarah
  8. Memiliki wawasan tentang Organisasi PGRI sebagai Organisasi Profesi Pendidik, Organisasi Perjuangan, dan Serikat Pekerja.

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya (pendidikan sejarah)
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dibidang pendidikan sejarah
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan menggunggahnya dalam perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan sejarah, berdasarkan hasil analisis informasi dan data yang relevan
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu menerapkan konsep pedagogik-didaktik  dalam proses pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan IPTEK
    1. Mampu menerapkan konsep-konsep sejarah dalam pemecahan masalah sejarah dan  kehidupan sehari-hari
    1. Mampu menerapkan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik-teknik pembelajaran inovatif yang mendukung pembelajaran sejarah di sekolah.
    1. Mampu membuat media dan sumber belajar yang mendukung pembelajaran sejarah di sekolah.
    1. Mampu menerapkan prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan khususnya dalam pembelajaran sejarah.
    1. Mampu menerapkan dan memanfaatkan teknologi terutama yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan dengan pembelajaran sejarah.

Mampu menerapkan konsep dasar dan prosedur penelitian dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran sejarah.

× Hubungi Admin!